PENGAMATAN CACAT KEMASAN PADA PRODUK MIE KERING MENGGUNAKAN PETA KENDALI DAN DIAGRAM FISHBONE DI PERUSAHAAN PRODUSEN MIE KERING SEMARANG, JAWA TENGAH

  • Ahadya Silka Fajaranie Universitas Ahmad Dahlan
  • Amalya Nurul Khairi Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: analisis peta kendali (p-chart), analisis diagram tulang ikan, cacat kemasan, uji kuantitatif

Abstract

Cacat kemasan produk mie kering merupakan salah satu masalah yang perlu dilakukan pengamatan untuk selanjutnya melakukan analisis lebih lanjut terkait penyebab masalah yang terjadi sehingga dapat dilakukan perbaikan untuk meminimalkan kerugian yang dialami oleh perusahaan akibat masalah kemasan. Tujuan dari penelitian yaitu menganalisis jumlah cacat kemasan pada produk mie kering, menganalisis faktor penyebab cacat kemasan pada produk mie kering, dan menganalisis untuk meminimalkan terjadinya cacat kemasan pada produk mie kering. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil pengamatan cacat kemasan produk mie kering dengan metode analisis peta kendali (P-Chart) menunjukkan cacat kemasan tertinggi dan terendah yaitu 0,012158055 dan 0,00297619. Diagram tulang ikan menunjukkan faktor-faktor penyebab terjadinya cacat kemasan produk mie kering yang dipengaruhi oleh manusia, metode, mesin, dan lingkungan. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan analisis peta kendali (P-Chart) menunjukkan 4 titik kemasan cacat yang melebihi batas pengendalian, diagram analisis tulang ikan menunjukkan faktor dominan yang menyebabkan terjadinya cacat kemasan yaitu faktor manusia dan mesin, adapun solusi untuk meminimalisir terjadinya cacat kemasan dengan melakukan pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, N. J. (2014). Ahmad, Nawaz., Jolita, Vveinhardt., Impact of word of mouth on consumer buying decision. European Journal of Bussines and Management., Vol 6. No 31.

Astawan, M. (2005). Membuat Mie dan Bihun. Yogyakarta: Penebar Swadaya.

Dewi, I. A. (2015). Penggandaan Skala Mi Kering dari Ubi Jalar (Ipomea batatas L.). Teknologi Pertanian, 16(1), 41–50.

Heizer, J. d. (2006). Manajemen Operasi, Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.

Heizer, J. d.-p. (2001). Prinsip-prinsip Manajemen Operasi: Operations Management. Jakarta: Salemba Empat.

Isti Khomah, E. S. (2015). Aplikasi Peta Kendali p sebagai Pengendalian Kualitas Karet di PTPN IX Batujamus/Kerjoarum. Jurnal AGRARIS, Hal 13-14.

Klimchuk, M. d. (2006). Desain Kemasan. Terjemahan oleh Bob Sabran. 2008. Jakarta: Erlangga.

Kristono, I. S. (2019). Analisis Fishbone Diagram (Diagram Ishikawa). Bandung: IPB.

Shah, S. A. (2013). Role of Packaging in Consumer Buying Behavior. International Review of Basic and Applied Sciences., 1.2.

Sutomo, B. (2008). Variasi Mie dan Pasta. Jakarta: PT. Kawan Pustaka.

Underwood, R. L. (2001). Packaging communication: attentional effects of product imagery. Journal of Product and Brand Management, 10 (7), 403-422.

Published
2022-06-29
Section
Articles