PENILAIAN SKOR KEAMANAN PANGAN PADA UMKM RUMAH MAKAN ABC DI KABUPATEN SUMBAWA

  • Mega Trishuta Pathiassana Universitas Teknologi Sumbawa
  • Bagas Izharrido Universitas Teknologi Sumbawa
Keywords: Keamanan Pangan, Sanitasi Pangan, Skor Keamanan Pangan, UMKM, Rumah Makan

Abstract

Kesadaran konsumen terkait keamanan pangan dan sanitasi pangan semakin meningkat pada masa ini. Hal ini tidak terlepas dari perhatian penyedia jasa pengolah makanan, seperti rumah makan dan jasa katering. Penelitian ini bertujuan untuk menguji produk olahan bahan makanan di UMKM Rumah Makan ABC menggunakan metode pengujian dengan menggunakan formulir penilaian Skor Keamanan Pangan (SKP) yang bersumber dari standar yang dibuat oleh Departemen Kesehatan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang menunjukan hasil SKP sesuai dengan kriteria dan standar dari Departemen Kesehatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pemilihan dan Penyimpanan Bahan Makanan (PPB) memiliki nilai rata-rata komponen sebesar 0,93 (rawan tetapi aman dikonsumsi) dengan nilai skor keamanan pangan 0,15 dari skor maksimal 0,16. Kemudian, Higiene Pemasak (HGP) memiliki nilai rata-rata komponen sebesar 0,91 (rawan tetapi aman dikonsumsi) dengan nilai skor keamanan pangan 0,14 dari skor maksimal 0,15. Selanjutnya, Pengolahan Bahan Makanan (PBM) memiliki nilai rata-rata komponen sebesar 0,95 (sedang) dengan nilai SKP 0,52 dari skor maksimal 0,55. Dan yang terakhir, yaitu Distribusi Makanan (DMP) yang memiliki nilai rata-rata komponen sebesar 0,94 (sedang) dengan nilai SKP 0,13 dari skor maksimal 0,14. Adapun hasil secara menyeluruh pada penelitian ini, yaitu menghasilkan nilai keseluruhan SKP, yaitu 0,94 (sedang) yang berarti pada UMKM Rumah Makan ABC ini masih memiliki kemungkinan dalam pelanggaran yang memiliki risiko tinggi/bahaya, tetapi sedikit temuan yang didapatkan mengenai hal-hal yang memiliki risiko kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditama, Y. 2014. Riset Pasar Produk Keripik Tempe Sagu. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknologi Industri Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Aiman, A., Handaka, A. A., Lili, W. 2017. Analisis Preferensi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Produk Olahan Perikanan di Kota Tasikmalaya. Jurnal Perikanan dan Kelautan. Vol 8(1), hal 147.

Ainezzahira, dkk. 2019. Evaluasi Sanitasi Pangan Pada Industri Rumah Tangga Pengolahan Tahu di Kelurahan Bojong Nangka Kabupaten Tangerang. Jurnal Manajemen Pariwisata. Vol 1(1), hal 5-12.

Ardhany, S, D., Lamsiyah. 2018. Tingkat Pengetahuan Pedagang Warung Tenda di Jalan Yos Sudarso Palangkaraya Tentang Bahaya Penggunaan Minyak Jelantah Bagi Kesehatan. Jurnal Surya Medika. Vol 3 (2), hal 63.

Astuti, A., Pratama, Y., Setiani, E.B. 2019. Analisis Pola Konsumsi dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Keamanan Pangan Produk Bakso Curah di Kecamatan Tembalang, Semarang. Jurnal Teknologi Pangan.Vol 3(2), hal 181-182.

Blikon, E.O.M., Rahayu, T., & Rakhmawati, A. 2017. Penerapan Hazard Analysis Crititical Control Point (HACCP) pada Usaha Jasaboga di Kecamatan Kotagede, Yogyakarta. Jurnal Biologi, vol 6(6), hal 343- 349.

Cahyadi, S., Rosline, K., Handoyo, H.C., Ardiansya, D., El-Kiyat, W. 2019. Penerapan Sanitasi Pangan pada Produksi Dodol Ny.Lauw di Kota Tangerang Banten. Jurnal Sinergitas PKM dan CSR. Vol 3(2), hal 75.

Cahyono, B. 2009. Food Safety dan Implementasi Quality System Industri Pangan di Era Pasar Bebas. Majalah Perencanaan Edisi 27. https://www.bappenas.go.id/. Diakses pada 29 Februari 2020.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2000. Bakteri Pencemar Makanan dan Penyakit Bawaan Makanan. Jakarta.

Eryando, T., Susana, D., Kusuma, A., Pratiwi, D. 2014. Hubungan Pemilihan dan Pengolahan Bahan Makanan terhadap Kontaminasi Escherichia coli pada Penyajian Makanan Jajanan. Makara J.Health Res. Vol 18 (1), hal 42.

Kesuma, I, W, A, W, A., Wrasiati, P, L., Hartiati, A. 2018. Aspek Sanitasi dan Hygiene di Warung Makan Ikan Laut Kawasan Pantai Lebih Kabupaten Gianyar. Jurnal Rekayasa dan ManajemenAgroindustri. Vol 6 (4), hal 361.

Manayang, Y., Joseph, W.B.S., Sumampouw, J.O. 2018. Higiene dan Sanitasi Industri Pangan Rumah Tangga di Wilayah Kerja Puskesmas Paniki Bawah. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol 7(5), hal 2.

Murtiningtyas, I. 2019. Kajian Skor Keamanan Pangan Pada Rendang Daging Sapi Yang Diolah di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta. Yogyakarta.

Nurani, P.F., Kurniati, E. 2019. Penyuluhan Sistem Keamanan Pangan Dalam Produksi Keripik Tempe di Desa Parerejo Kabupaten Jawa Timur. Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat. Vol 3(1), hal 105.

Purnama, INA., Utami, IGS., Nursanyoto, H. 2015. Penilaian Keamanan Pangan Pada Warung Makan di Banjar Biaung Desa Kesiman Kertalangu Kecamatan Denpasar Timur. Jurnal Ilmu Gizi. Vol 6 (1), hal 69.

Rina, A. 2008. Sistem Manajemen Mutu dan Keamanan Pangan pada Perusahaan Jasa Boga. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. Vol 2(6), hal 263-272.

Wardhani, W., Sumarwan, U., Yuliati, L. N. 2015. Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product. Jurnal Manajemen dan Organisasi. Vol 6(1), hal 47.

Yulianto, A., Nurcholis. 2015. Penerapan Standard Hygienes Dan Sanitasi Dalam Meningkatkan Kualitas Makanan di Food & Beverage Departement @Hom Platinum Hotel Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu. Vol 6 (2), hal 31-34.

Zaini, A.M., Zainuri, Sulastri, Y., Widyasari, R., Nofrida, R. 2019. Pembelajaran Interaktif Tentang Pangan Aman, Bergizi dan Halal Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdi Mas TPB. Vol 1(1), hal 72.

Published
2021-12-30
Section
Articles