STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA IKAN BELUT KERING DI DESA TINOMBALA KECAMATAN ONGKA MALINO KABUPATEN PARIGI MOUTONG PROVINSI SULAWESI TENGAH

  • Ahsan Mardjudo Universitas Alkhairaat
  • Wika Indah Pratiwi Djamal Universitas Alkhairaat
Keywords: strategi pengembangan, ikan belut kering, parigi moutong

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan usaha pengeringan ikan belut di Desa Tinombala Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode pengamatan dan wawancara secara langsung dengan pemilik usaha pengeringan ikan belut. Analisis data melalui pendekatan SWOT dan deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara teknis proses pengeringan ikan belut dimulai dari penimbangan, mematikan ikan belut, penyiangan, pencucian, penirisan, penusukan belut, penyimpangan dengan es batu, penjemuran, pengovenan dan penyimpanan. Hasil SWOT diperoleh gambaran bahwa strategi pengembangan ikan belut kering memiliki aspek kekuatan yaitu dukungan persawahan sebagai lingkungan belut, sarana dan prasarana cukup memadai, masa produksi yang cepat, keterampilan masyarakat, hubungan kerjasama dengan pedagang luar daerah. Sementara peluangnya adalah tersedianya pemasaran, persyaratan mutu ikan belut kering, tidak ada pesaing, permintaan yang cukup tinggi, dan memiliki konsumen tetap. Untuk aspek kelemahannya  keterbatasan modal, hasil produksi belum optimal, belum adanya surat izin usaha, belum mempunyai tempat usaha yang tetap, bahan baku tidak selalu tersedia cukup setiap satu kali produksi, sedangkan ancaman adalah menurunnya permintaan produk, peningkatan harga bahan baku, biaya pengiriman yang tinggi, habisnya stok ikan belut di sawah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS, 2018, BPS Provinsi Sulawesi Tengah
Mulyani A dan Agus F,. 2017. Kebutuhan dan Ketersediaan Lahan Cadangan Untuk Mewujudkan Cita-Cita Indonesia Sebagai Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian Bogor.
Palupi, Hamidah S, dan Yuriani, 2014. Upaya peningkatan pendapatan kelompok usaha belut melalui variasi hasil olahan dan kemasan di godean. Jurnal Inotek Volume 18 Nomor 1 : 109 – 119.
Pudjiwaskito D. I. 2005. Kajian Pengelolaan Dan Pengembangan Ekowisata Sumber Air Panas Ciater, Subang, Jawa Barat. Skripsi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.
Rangkuti F., 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Rizka A.A., 2015. Kajian Pemanfaatan Sumberdaya Pangan Lokal Terhadap Ketahanan Pangan Rumah Tangga Kabupaten Kulon Progo.
Suciati, Hasballah, 2015. Prospek Usaha Budidaya Belut Yang Menjanjikan Untung Besar.
Wahid A.R dan Martina Sri Lestari,. 2009 Pemanfaatan Komoditas Pangan Lokal Sebagai Sumber Pangan Alternatif. Jurnal Pertanian Papua.
Cookpad.com/id, 2019. Resep Belut kering https://cookpad.com/id/cari/belut%20kering. Diakses tanggal 14 Januari 2020 pukul 18.32.
Published
2020-12-30
Section
Articles