PEMBUATAN SAWI ASIN PAKCOY KERING DENGAN VARIASI JENIS LARUTAN PERENDAM DAN SUHU PENGERINGAN

  • Andini Meri Teknik Kimia, Institut Teknologi Nasional Malang, Jl. Raya Karanglo Km 2 Malang
  • Hana Disa Prabandari Institut Teknologi Nasional Malang
  • Siswi Astuti Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: sawi pakcoy, sawi asin, larutan perendam, pengeringan

Abstract

Tanaman sawi pakcoy mudah untuk dibudidayakan, namun pada saat masa panen tanaman ini cepat layu dan busuk. Oleh karena itu sawi pakcoy dapat dijadikan olahan pangan yang disukai dengan cara menjadikannya sawi asin kering. Sawi asin merupakan olahan fermentasi spontan bakteri asam laktat yang memiliki cita rasa yang khas. Pembuatan sawi asin dapat dilakukan dengan cara penambahan garam dan air tajin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi jenis larutan perendam dan suhu pengeringan. Sawi asin yang paling banyak disukai adalah sawi asin degan larutan perendam air tajin beras merah dan air tajin beras ketan putih. Sawi asin ini memiliki rasa asin dan sedikit asam, warna yang khas, aroma khas sawi asin, dan tekstur sedikit renyah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asiah, Nurul dan Djaeni, Mohamad. (2021). Konsep Dasar Proses Pengeringan Pangan. Malang: AE Publishing
Sumantri, Bayu. (2020). Bertanam Praktis dan Bersih dengan Hidroponik. Bandung: CV. Media Sains Indonesia
Badan Pengawas dan Obat (BPOM) Tentang Pangan Tahun 2019
Asgar, A. and Musaddad, D. (2008) ‘Pengaruh Media, Suhu, Dan Lama Blansing Sebelum Pengeringan Terhadap Mutu Lobak Kering’, Jurnal Hortikultura, 18(1), pp. 87–94.
Fransisca, I., Nugerahani, I. and Suseno, T.I.P. (2000) ‘Pengaruh Perbandingan Air dan Beras pada Pembuatan Air Tajin terhadap Sifat Fisikokimia dan Organoleptik Sayur Asin’, Jurnal Teknologi Pangan dan Gizi, 1(2), pp. 45–51.
Khasbullah, F., Mangiring, W. and Krisnarini (2020) ‘Uji Vitamin C dan Mutu Organoleptik Kimchi Pakcoy (Brassica rapa Subsp. Chinensis) terhadap Pengaruh Konsentrasi Garam dan Lama Fermentasi’, Jurnal Wacana Pertanian, 16(2), pp. 47–55.
Rizal, S. (2017) ‘Pengaruh Nutrisi Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi Pakcoy (Brasicca rapa L.) yang di Tanam Secara Hidroponik’, Sainmatika, 14(1), pp. 38–44.
Published
2023-06-30
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)